Selasa, 30 Juli 2013

Pelatihan Kelembagaan PNPM-MPd Agustus 2013



Dalam rangka mendukung realisasi tahun kelembagaan 2013, PNPM-MPd Kabupaten Katingan, sesuai dengan RKTL bersama akan melaksanakan pelatihan lanjutan untuk kelembagaan BKAD, BP-UPK, UPK, dan Pendamping lokal secara gabungan 13 kecamatan wilayah Kabupaten Katingan dengan thema “membangun Jaringan menciptakan peluang dan keberlanjutan program”.  Pelatihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas pengurus kelembagaan, aspek pengetahuan , keterampilan dan sikap.
Tujuan pelatihan antara lain :
1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan personanya baik aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap
2. meningkatkan koordinasi lintas kelembagaan dalam pengelolaan issue kritis dan strategis
3. meningkatkan peran kelembagaan dalam mendorong implementasi  kebijakan pengintegrasian
Adapun hasil yang diharapkan paska pelatihan adalah :
1.    Tersusunya rencana aksi masing-masing lembaga dalam mengelola issue kritis, strategis
2.    Adanya rencana aksi dalam mendorong pelaksanaan pengintegrasian program
Pelatihan gabungan ini direncanakan pada tanggal 12 16 Agustus 2013, dengan perincian waktu sebagai berikut  :
 12 13, Konsolidasi Tim pelatih dan chek in perserta
 14 16 agustus : pelatihan efektif
 17 Chek out peserta dan pelatih
Pembiayaan pelatihan ini akan dibebankan pada alokasi DOK masing-masing Kecamatan, sesuai dengan RAB yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun demikian pada saat pelaksanaannya nanti akan dibentuk Panitia kecil dari peserta pelatihan untuk pengelolaan logistic pelatihan dimaksud
Sedangkan untuk narasumber, sehubungan dengan thema pelatihan tersebut diatas, sehingga beberapa narsumber relevan yang akan diundang antara lain : Dinas Koperasi, Lembaga Keuangan, (Bank, CU, KSU), Bappeda dan BPMDes.
Rencana paska pelatihan
Pada akhir pelatihan , akan disepakati bersama rencana aksi dan peran masing-masing kelembagaan dalam mengawal rencana aksi kelembagaan tingkat kecamatan. Sedangkan peran fasilitator tingkat kecamatan akan memastikan dan memfasilitasi implementasi rencana aksi kelembagaan dan memetakan kendala pelaksanaannya, sementara fasilitator tingkat kabupaten, memberikan dukung teknis dalam implementasi rencana aksi, dan menyusun laporan hasil pemetaan paska pelatihan , yang akan dibahas dan diumpan balik kepada fasilitator kecamatan pada rakor kabupaten.

1 komentar:

  1. baru kabupaten katingan yang mempunyai blogspot...semoga kabupaten lain segera menyusul..sukses selalu ya...

    BalasHapus