Selasa, 30 Juli 2013

Audit Internal sebagai wujud pengendalian..........



Mengawali triwulan III tahun 2013, pelaksanaan PNPM-MPd di Kabupaten Katingan secara umum, telah memasuki pada tahap pelaksanaan kegiatan, sedikitnya ada  ada 9 Kecamatan dari 13 kecamatan yang telah melakukan penyaluran dana dari UPK  ke TPK. dengan demikian artinya seluruh tahapan perencanaan telah dilakukan di semua Kecamatan.
Untuk meningkatkan pengendalian terhadap kualitas pelaksanaan kegiatan, sejak juni 2013, telah dilakukan aktivitas audit di tingkat kecamatan, terutama bidang perencanaan. Audit internal tidak hanya dilakukan oleh jajaran Tim Faskab namun juga didukung oleh para spesialist tingkat provinsi. baru-baru ini telah dilakukan audit perencanan oleh Spesialist HRD Prov Kalimantan Tengah bersifat pembinaan kepada pelaku kecamatan, sehingga laporan hasil audit dijadikan sebagai referensi perbaikan untuk meingkatkan kualitas kegiatan baik kualitas proses fasilitasi maupun kualitas administrasi.
lokasi audit untuk perencanaan TA 2013 telah dilakukan di  di Kec. Pulau Malan dan Tewang Sanggalang Garing. Pelaksanaan audit TA 2013 ini akan tetap dilanjutkan pada triwulan III dan IV, selain fokus perencanaan juga fokus pada pelaksanaan, keuangan dan pengadaan barang - jasa.
Hasil audit diumpan balik kembali kepada masing-masing kecamatan, sesuai dengan LHA, guna adanya perbaikan lebih lanjut di masing-masing Kecamatan. Sesuai dengan LHA pada 2 kecamatan lokasi audit tersebut diatas, secara umum temuan lebih banyak pada kelemahan administrasi dan pengarsipan dikantor UPK. hal ini menunjukan bahwa proses fasilitasi yang dilakukan oleh fasilitator masih cenderung lemah
Dengan diadakannya audit internal ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas pendampingan kepada masyarakat pemanfaat program, baik dalam pengelolaan kegiatan fisik, maupun dalam pengelolaan keuangan dan administrasi. Semoga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar