Minggu, 21 September 2014

Partisipasi Perempuan dalam Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan

Partisipasi Perempuan dan Perencanaan PNPM Mandiri Perdesaan dalam Meningkatkan Keadilan dan Kesetaraan Gender


Faktor pendukung partisipasi perempuan adalah program berpengaruh langsung kepada kehidupan perempuan, kebijakan penetapan kuota bagi kehadiran perempuan dalam proses perencanaan PNPM Mandiri Perdesaan yang menjadi faktor penguat bagi partisipasi perempuan, kesadaran untuk membangun desa, adanya pendampingan fasilitator, kharisma kepemimpinan, adanya dukungan suami dan adanya dukungan pemerintah. 

Faktor penghambat partisipasi perempuan adalah beban kerja ganda perempuan perdesaan, kurangnya kesadaran dalam berpartisipasi, kebudayaan yang masih mengikat berupa adat yang mengharuskan masyarakat termasuk didalamnya perempuan ikut dalam menghadiri acara-acara adat baik acara pesta adat pernikahan maupun acara adat untuk kematian.

Bentuk pemberdayaan terhadap perempuan dalam PNPM Mandiri Perdesaan adalah pemberdayaan politik, pemberdayaan sosial, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan psikologis dan pemberdayaan organisasi.
Keadilan dan kesetaraan gender dalam PNPM Mandiri Perdesaan yaitu adanya kesempatan yang sama dalam akses informasi, kesempatan yang sama mengeluarkan pendapat, kesempatan yang sama untuk menghadiri musyawarah, kesempatan yang sama untuk menjadi pengurus dalam kegiatan yang terbentuk, kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan untuk menentukan program, kesempatan akses yang sama dalam memperoleh manfaat.  

Dengan demikian rekomendasi perencanaan dalam meningkatkan partisipasi perempuan untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender adalah berupa kegiatan dan kebijakan. 

Kegiatan yang direkomendasikan adalah sosialisasi penyadaran keadilan dan kesetaraan gender sehingga perempuan dan laki-laki memahami tentang pentingnya keadilan dan kesetaraan gender dan menyadari bahwa pembagian kerja dapat dipertukarkan, pekerjaan domestik bukan kodrat perempuan dan pembagian tugas yang adil serta setara dalam domestik produktif diharapkan dapat mendorong perempuan semakin berdaya dalam segala bidang.

Kebijakan yang direkomendasikan adalah penetapan kebijakan dalam kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas ada memasukkan tentang kesetaraan dan keadilan gender. '@3u'


Tidak ada komentar:

Posting Komentar